Wednesday, October 11, 2017

Cerita Kelahiran Nayla (Part 2)


Lanjut lagi ya cerita tentang kelahiran Nayla :D

Baca juga: Cerita Kelahiran Nayla (Part 1)

Selasa, 29 Agustus 2017

Pagi itu saya bangun dengan sekitaran pinggang yang berasa agak sakit dan linu-linu. Tapi linu-linunya beda dengan yang sebelum-sebelumnya, cuman perut saya gak kenceng.

Kebetulan pak suami masuk agak siang lagi, jadi saya mengajaknya untuk berjalan-jalan pagi sekalian beli gorengan di warung. Saat di warung, Alif sempet ngambek minta mainan dan pak suami harus bernegosiasi dulu supaya beli mainannya nanti aja. Sambil menunggu pak suami bernegosiasi dengan Alif, saya pakai untuk mondar mandir naik turun tangga yang berada tak jauh dari warung.

Setelah pulang dari warung, pak suami langsung siap-siap untuk berangkat ke kantor karena takutnya tertipu lagi dengan kontraksi palsu seperti sebelumnya.

Setelah pak suami berangkat ke kantor, sekitar jam 9 saya tidur bersama Alif. Jam 11 saya terbangun karena punggung saya berasa sakit.

Nah ini diaaaa, saya ingat banget, ini sakit yang sama seperti kontraksi saat hamil Alif dulu. Tapi sakit yang sekarang masih level 1 lah, lebih sakit waktu jamannya Alif. Makanya saya masih belum mau yakin kalau kali ini beneran kontraksi.

Saya hitung jeda waktu kontraksinya sekitar 10 menit sekali. Makin lama kontraksinya makin sakit dan jeda waktunya menjadi 5 menit sekali. Oke, ini beneran kontraksi!

Saya langsung menghubungi suami untuk pulang, dan adik saya, Dafit, saya minta ke rumah. In case pak suami lama sampai rumah dan saya udah gak kuat, adik saya bisa nganterin. Ohya sebenarnya hari itu pak suami ditugaskan ke luar kota lho, tapi pak suami menolak dan digantikan temannya. Fyuuh untung aja ya.

Untuk amunisi sebelum lahiran, Dafit juga saya suruh membelikan kimbab, karena pengalaman Alif dulu saat kontraksi, saya udah gak bisa konsen makan-makanan berat. Jadi kimbab/sushi solusi banget, buat makan praktis tapi tetep ngenyangin.


Sambil menunggu Dafit datang, saya menyiapkan air panas untuk mandi supaya badan lebih rileks dan mempercepat bukaan (di saya, mandi air hangat ngaruh banget ngurangin sakit kontraksi serta bukaan jadi cepet bertambah). Setelah mandi saya menyiapkan bawaan untuk ke Bidan dan tidak lupa make up semenor mungkin, haha. Kemaren saya dandan lumayan lengkap pakai BB cream, blush on, alis, lip cream, sampai wings liner. Karena saya ingin menyambut bayi saya dengan wajah secantik mungkin dan karena make up membuat saya bahagia.

Pas banget, Alif juga udah bangun tidur jadi langsung saya mandikan, masakin nuget buat makan siang, serta bikinin susu. Ini aslinya rasa kontraksinya makin huwow banget, tapi saya berusaha tetep tenang dan menikmatinya. Makin tenang menghadapi kontraksi, makin cepat bukaannya nambah *itu teori saya sih :D*

Setelah makan kimbab, saya masih belum berniat berangkat ke Bidan karena mau nunggu pak suami datang dulu aja. Tapi kok rasa kontraksinya makin sulit ditahan jadi saya memutuskan untuk ke Bidan bersama Alif dan adik saya menggunakan motor. Saat itu waktu sudah menunjukkan pukul setengah 2 siang.

Sampai Bidan Rina, saya dilayani oleh asisten bidan. Sekarang di Bidan Rina udah banyak bidannya, gak cuma Bidan Rina sendiri yang melayani persalinan. Jadi saya gak mesti nunggu lama kayak Alif dulu.

Waktu dicek jeda waktu kontraksi, sampai lebih dari 5 menit, kontraksinya gak dateng-dateng. Saya udah berpikir paling masih bukaan 1 nih. Kemudian bidan ngecek dalam, dan ternyata udah bukaan 4 menuju 5. Fyuuuh, lega juga, ternyata beneran mau lahiran, wkwk.

Setelah diperiksa, saya dipersilahkan untuk masuk ke kamar sambil nunggu bukaan lengkap. Di kamar kebetulan ada birthing ball, saya yang saat itu masih kuat ini pun memutuskan untuk duduk di birthing ball sambil goyang-goyang untuk mempercepat bukaan. Sampai akhirnya merasa udah gak kuat, saya memutuskan untuk tiduran aja. Tapi sebelumnya ganti baju dulu, memakai daster tanpa lengan yang adem.


Sambil tiduran dan nahan kontraksi, saya main hape aja buat ngalihin rasa sakit. Banyak yang nanyak kok saya masih sempat main hape padahal udah kontraksi dan bukaan banyak. Soalnya kontraksi kali ini agak unik karena biasanya makin nambah bukaan makin dekat rentang waktu kontraksinya, nah kemaren ini rentang waktu kontraksi saya konstan tiap 5 menit sekali sampai bukaan lengkap, cuma rasanya aja yang makin sakit. Jadi saya punya jeda waktu 5 menit buat main hape saat kontraksi gak datang. Bahkan saya masih main hape saat sudah bukaan 9, hehe.

Mbak bidannya juga bilang kok saya santai banget, kayak gak sakit saat kontraksi. Ya sakit lah sebenarnya, tapi saya nemu cara menghadapi kontraksi dari BidanKita. Jadi saat kontraksi datang lakukan pernafasan perut (Tarik nafas, perut digembungkan. Buang nafas, perut dikempeskan) sambil elus-elus bagian yang berasa sakit. Cara itu di saya sih ampuh dalam mengurangi rasa sakit saat kontraksi.

Ba'da Ashar, pak suami baru sampai di Bidan Rina. Akhirnya ada yang bantu ngelus-ngelus punggung waktu kontraksi. Tapi ngeliat saya yang tenang dan masih bisa cengangas cengenges saat kontraksi ini, bikin pak suami malah nggampangin. Ngelus-ngelus punggungnya kagak niat sama sekali. Tangan kanan ngelus punggung, tangan kiri megang hape buat nonton bola, ggrrr. Karena itu ngelus-ngelus gak bener terus, gak ngurangin rasa sakit malah bikin dongkol.

Pertama kali ngelus, posisi tangannya gak bener, saya benerin. Ke dua kali, irama ngelusnya gak aturan, saya benerin. Ke tiga kali masih gak bener juga, saya tegur halus. Ke empat kali, matanya masih juga liat hape.... "PAAAAHH!!!!!!" Bentak keras.

Begitu saya bentak pak suami, itu bidan-bidan pada masuk kamar, kirain saya udah gak tahan apa gimana, wkwkwk. Abis kesel banget, sini berjuang menahan sakitnya kontraksi, eh suami nemeninnya gak niat malah disambi nonton bola. Ini kalau dibikin video kelahiran kayak Mario Irwinsyah apa Acha Septriasa, gak dapet banget momen harunya.

Karena udah terlanjur masuk kamar, akhirnya bidannya nanya apa udah ada rasa pengen ngeden gak. Karena kalau sudah ada rasa pengen ngeden, bidan baru akan melakukan periksa dalam lagi. Karena saya penasaran bukaannya nambah apa kagak, saya bilang aja udah pengen ngeden padahal sih belom, haha.

Ternyata sudah masuk bukaan 8 saat itu. Aduh, saya udah gak sabar pengen cepet mbrojol aja biar lega. Supaya bukaan cepet nambah, saya pun memutuskan bangun dari tempat tidur dan main birthing ball lagi.


Bener aja, gak lama kemudian saya merasa pengen ngeden bawaannya. Tapi pas diperiksa, yaah tetep bukaan 8 aza. Salah satu mbak bidan menawarkan kompres air hangat untuk mengurangi rasa sakit. Saya langsung mengiyakan.

Rasanya punggung saya enaaaak banget saat dikompres, sakit-sakit kontraksi berasa berkurang. Eh tapi kok lama-lama badan saya panas banget ya???

Ternyataaa kompresnya bocor sodara-sodara! Air panasnya kena badan dan otomatis baju saya juga ikutan basah, wkwk. Mbak bidan nawarin untuk ganti baju tapi saya tolak karena nanggung, ntar juga pas lahiran bakal basah-basahan, bersimbah darah.

Makin lama, rasa ingin ngeden itu makin tak tertahankan. Tapi masih dilarang ngeden aja, huft. Sejak itu satu orang bidan menemani saya di kamar bersama suami untuk ngecek bukaan tiap kontraksi datang.

Alif kemana?

Alif main di luar kamar sama omnya. Alhamdulillah Alif kooperatif banget selama proses kelahiran, gak nyusahin sama sekali.

Masuk bukaan 9, saya ngerengek terus ke bidan buat dibolehin ngeden tiap kontraksi dateng tapi masih belum dibolehin. Sampai akhirnya...

Cooooossssss....

Ketuban saya pecah

Para bidan masuk kamar, ngatur posisi saya. Nunggu kontraksi dateng supaya bisa ngeden.

Tapi...

Kontraksinya gak dateng-dateng -___-

Seperti yang udah saya bilang, kontraksi saya itu jarak waktunya konstan tiap 5 menit sekali bahkan sampai bukaan lengkap.

"Mas, putingnya tolong disentuh" instruksi bidan Rina ke pak suami untuk memancing kontraksi supaya cepet dateng lagi.

"Yak, boleh ngeden" kata bidan Rina lagi

"Hheerrgghhhh..."

"Gak, gak, salah ngedennya.. jangan ngeden pake leher"

Ya Allah, eyke udah lupa cara ngeden dan kemaren juga sotoy gak belajar ngeden lagi, wkwkwk.

"Hhheeerrrgghhh..."

"Yak terus.. oke stop, tarik nafas pelan.."

"Hheerrgghhh.. huh huh huh"

"Gak, gak gitu.. tarik nafas pelan... keluarkan... tenang aja bayinya pasti lahir kok"

'Hheeerrrggghh.." saya gak bisa merasakan bayi saya sama sekali

"Hheeerrrggghhhh... aarrghh udah gak kuaaatt" mulai lemes dan kehabisan tenaga tapi si bayi gak keluar juga.

"Hey, hey, hey... dengerin aku, tarik nafas terus keluarkan perlahan.. tenangkan diri, bayinya pasti keluar kok"

"Ayo ma, tarik nafas.." suami ikut ngasi intruksi

Setelah berhasil menenangkan diri, saya pun mengikuti instruksi yang diberikan bidan Rina.

"Nah gitu... yak bagus, tarik nafas terus. Lho itu bayinya udah keliatan.."

"Heeerrrggghhh.."

"Stop.. stop.. stop.. jangan digas pol"

"Heerrggghhh..." udah kagak tahaann mamiihh

"Ooeeekkk... oooeeeekkk..." Nayla pun lahir pukul 18.12 WIB

"Yak cewek.. woo kelilit tali puser 2 kali ternyata"

"Fyuuhh" saya tergolek lunglai, halah, lega bangeeett rasanyaaa. Huwaaahh. Dulu waktu Alif begitu ketuban pecah, berasa enak aja ndorong bayinya supaya keluar. Ini udah ngeden sekuat tenaga, bayinya gak muncul-muncul sampai lemes dan mau nyerah. Ternyata emang karena kelilit tali puser itu yang bikin susah.

Nayla langsung ditaruh di dada saya untuk inisiasi menyusui dini (IMD) sambil ari-arinya di keluarkan dan bidan menjahit robekan.


Rupanya perjuangan saya belum juga selesai...

Paha saya disuntik obat bius. Kemudian bidan Rina mulai menjahit robekan yang ada.

"Ya gini ini kalau di gas pol.. luka lama bersemi kembali" kata bidan Rina sambil menjahit robekan

"Aaawwww.. sakit mbak"

"Hah, sakit? Kalau yang tadi sakit gak?"

"Gak, yang sekarang sakit"

"Waah, biusnya gak mempan nih"

"Aaawww... duh sakit mbak"

"Iya, ditahan ya.. teriak aja gak apa-apa"

"Aduuuhh, sakiiiittt.... gak bisa dibius ulang ta mbak? Merengek minta belas kasihan

"Gak bisa" huwaaa

Jadilah proses menjahit robekannya lebih heboh dari proses lahiran karena saya teriak-teriak kesakitan tiap jarum masuk ke bagian tubuh saya.

"Aduuuuhh, udah donk mbak"

"Tahan ya, sekali lagi"

Fyuuhh, okelah.. yang terakhir ini.

"Oke sudah.."

Akhirnyaaaaa!

"Sebentar saya cek... eh bentar, ternyata masih ada robekan di bagian sini"

Dhueeerrrr... cobaan apalagi ini???

"Boleh teriak sekenceng-kencengnya ya.. soalnya ini deket anus, agak sakit"

"Aaaarrgghh..."

"Oke.. 1, 2, 3... 7 jahitan. Dulu berapa?"

"6 mbak"

"Ckckck... ya udah ya, tak tinggal.. selamat ya"

Setelah proses jahit menjahit, Alif dan Dafit pun masuk kamar. Tapi Alif masih belum ngeh dengan kehadiran adiknya, karena wajah Nayla waktu itu menghadap ke tembok dan tertutup handuk. Baru deh setelah beberapa lama IMD, Nayla tiba-tiba mengangkat kepalanya dan berganti posisi menghadap ke arah luar. Alif langsung kaget dan takjub.


Alhamdulillah diberi proses kelahiran yang lancar dan bayi yang sehat tak kurang suatu apa pun. Semoga bisa jadi ibu yang baik buat Alif dan Nayla. Aamiin.





3 comments:

  1. aku ngilu di bagian jait2nya, haha. Aku mlh smpt nolak dijait di bagian yg gak kena bius. Krn udh cape nahan sakit diobok2. Untungnya bidannya blg gpp klo bagian itu gk dijait cm bkl perih aja katanya.

    ReplyDelete
  2. aaaaarrrrggghhh ku ngga tahaaan hahahah bacanya aja jadi pengen ikutan ngeden #lho hahahhahaha... itu kenapa obat biusnya ngga cepet ilang?? kebayang dijait2 tanpa bius tolooong aku ngga mauuu hahahha :D

    ReplyDelete
  3. Duh aku ikut mulees bacanyaa T_T. apalagi bagian biusnya abis. Ga kebayang aku mah. Huhuhu. Alhamdulillah... selamat ya mbaa.. semoga Nayla jd anak yg solehah dan membanggakan orangtuanya. Aamiin...

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | TEMPLATE BY RUMAH ES