Tuesday, October 10, 2017

Cerita Kelahiran Nayla (Part 1)


"Nayla lahir tanggal berapa?"

"Eerrr....tanggaaalll..." mikir lama

Usia Nayla sekarang sudah masuk 1,5 bulan, dan saya mulai lupa tentang detail saat melahirkan Nayla. Ditanya tangga lahirnya aja, butuh waktu lama untuk menjawab. Jadi sebelum lupa beneran, mari kita mulai menulis cerita kelahiran Nayla.

Tulisan ini bakal super duper panjang karena saya ingin mengingat terus setiap detail momen kelahiran anak-anak saya. Jadi cerita kelahiran Nayla bakal saya bagi jadi 2 tulisan yang mending gak usah dibaca, beneran panjang dan ya cuma gitu aja, wkwk.

Baca juga: Melahirkan Alif dengan Gentle Birth

Sabtu, 19 Agustus 2017

Seperti cerita saya sebelumnya bahwa saya akhirnya memutuskan untuk boyongan ke Malang buat persiapan lahiran di usia kandungan yang waktu itu masuk 36-37 minggu. Sebenarnya waktu itu HPL saya masih lama, 8 September atau sekitar 3 minggu lagi. Tapi badan saya udah sakit banget dan susah buat gerak, selain itu dokter kandungannya juga bilang saat pemeriksaan terakhir kalau si bayi udah siap dilahirkan tinggal nunggu turun panggul aja. Jadi feeling saya lahirannya bakal maju dari HPL.

Baca juga: Lahiran Di Mana?

Hari Sabtu jam 9 malam kami berangkat ke Malang. Karena sibuk beres-beres, kami sampai gak sempat makan dari siang sehingga memutuskan untuk mampir di warung mie aceh langganan di Sidoarjo.

Foto sebelum berangkat ke Malang

Setelah selesai makan, tiba-tiba badan saya berasa gak enak. Perut kenceng banget dan saya kesulitan buat jalan. Tapi saya diem aja, belum ngasih tau suami karena takutnya cuma kontraksi palsu.

Selama di mobil perut saya bolak balik kenceng terus tapi sekitar pinggang gak berasa sakit kayak mau kontraksi. Saya pun menghitung rentang waktu setiap perut saya kenceng. Waah udah setiap 10 menit sekali, jangan-jangaaan???

Setelah beberapa lama menghitung rentang waktu kontraksi, saya baru memberi tau pak suami. Selama perjalanan dari Sidoarjo sampai Malang perut saya gak berhenti kenceng-kenceng terus dan jarak waktunya juga terbilang konstan. Saya udah seneng aja nih, jangan-jangan langsung lahiran abis ini. Biar gak usah lama-lama di Malang, heuheu.

Ternyataa begitu sampai rumah mertua, kenceng-kencengnya langsung ilang lang. Yaah ternyata kontraksi palsuu T.T

Senin, 21 Agustus 2017

Hari pertama ditinggal suami kerja di rumah mertua. Gak betaaahhhh.

Badan saya rasanya sakit banget nget karena kudu jalan mondar mandir di rumah mertua yang luas. Udah gitu kudu ngurus Alif sendiri seharian dan waktu ketemu dengan suami makin sempit karena suami pulang pergi Malang-Surabaya sehingga harus berangkat subuh-subuh dan baru sampai rumah malem banget.

Karena itu semangat saya untuk segera lahiran jadi bangkit. Yang dulunya kayak pasrah dan cuek sama kehamilan, jadi mulai browsing-browsing cara mempercepat kontraksi, melahirkan dengan gentle birth, dan semacamnya. Sampai akhirnya saya terdampar di youtube chanelnya BidanKita milik Bidan Yesie. Beliau ini adalah salah satu pelopor gentle birth di Indonesia dan kliniknya berada di Klaten. Hampir semua videonya saya tonton, paling favorit video tentang kelahiran seorang ibu yang kelihatan nyaman banget saat melahirkan. Saya ulang-ulang terus sambil praktek gerakan-gerakan yang bisa memancing kontraksi.


Rabu, 23 Agustus 2017

Rabu subuh saya membangunkan pak suami karena perut saya kenceng terus setiap 5 menit sekali, sekitar pinggang juga berasa linu tapi belum sakit.

Saya minta dibikinkan telur dadar karena laper banget dan tiap perut saya kenceng jadi kayak diremes-remes karena kelaperan itu. Barang-barang keperluan kelahiran yang sudah saya siapkan jauh-jauh hari kembali saya cek ulang.

Setelah makan, rasanya ngantuk banget dan saya memilih tidur supaya lebih kuat menghadapi kontraksi dan persalinan nanti. Selain itu karena belum sakit banget jadi saya masih santai aja. Kebetulan pak suami masuk kantor siang jadi pas banget bisa nungguin saya.

Sekitar jam 8 pagi saya bangun tidur, daaan eng ing eng, kontraksi itu hilang lang. Yaahh kontraksi palsu lagiiii. Kata pak suami, itu bukan kontraksi tapi saya kelaperan, wkwk.

Minggu, 26 Agustus 2017

Sehari, dua hari, sampai seminggu tinggal di rumah mertua, kontraksi itu gak kunjung datang. Dari yang rajin praktek memancing kontraksi sampai udahlah pasrah aja. Dari yang seneng nonton video youtubenya BidanKita sampai bosen banget dan males nonton lagi.

Sampai akhirnya pada hari minggu siang, adik ipar paling bontot datang bersama istri dan anaknya yang baru berusia 2 minggu. Adik ipar ini yang biasanya tinggal di rumah menemani mertua. Tapi berhubung istrinya lahiran jadi sementara tinggal di rumah orang tua istrinya. Nah saat lahiran, ibu mertua sedang sakit dan harus beberapa kali diopname sehingga belum sempat menengok cucu barunya jadi adik ipar dan istrinyalah yang datang ke rumah.

Long short story, adik ipar ini lahiran melalui operasi caesar. Biasalah, emak kepo dan harap-harap cemas juga nunggu lahiran jadi nanyak-nanyak donk saya, indikasi operasi caesarnya apa. Dan ternyata karena terlilit tali pusar sehingga kepala janin gak mau turun.

Deg!

Saya langsung jiper, karenaaa kondisi janin saya juga terlilit tali pusar di leher. Bahkan sampai di pemeriksaan terakhir sebelum pindah ke Malang, lilitannya masih ada.

Saya yang awalnya yakin bisa normal ini, langsung gak percaya diri. Saya takut banget kudu caesar karena ngeri-ngeri sedep gitu kan kalau denger cerita ibu-ibu yang pernah menjalaninya. Belum lagi proses pemulihannya yang katanya lama dan sampai bertahun-tahun bekas jahitannya masih berasa semriwing.

Tapi begitulah saya, harus dijatuhin dulu mentalnya baru keluar tanduknya (istilah apa ini?). Siang itu juga saya ngajak suami untuk jalan-jalan ke sekitaran kampung mertua. Selama ini males banget jalan, karena berasa sakit di bawah perut dan sekitar pinggang, pengennya tiduran aja. Paling jalan di dalem rumah doank, hehehe.

Karena takut, saya abaikan rasa sakit itu. Anggap aja makin sakit semakin dekat dengan hari kelahiran, haha. Sorenya saya ajak lagi suami untuk berjalan-jalan yang lebih jauh lagi dari siang tadi, medannya juga agak naik turun. Malam harinya saya masih semangat praktek gerakan yang bisa memancing kontraksi.

Selasa, 29 Agustus 2017

Pagi itu saya bangun dengan sekitaran pinggang yang berasa agak sakit dan linu-linu. Tapi linu-linunya beda dengan yang sebelum-sebelumnya, cuman perut saya gak kenceng.

Bersambung...

Baca juga: Cerita Kelahiran Nayla (Part 2)


9 comments:

  1. Segini belom panjang kok jeung :-p, aku loh klo nulis puanjang bener
    Lg browsing2 banyak cerita melahirkan ni akuh, hmmm...enak di situ ada bidan yg gentle birth ya, bisikin harganya dunk mer? Raye brapaan? Lebih murceu ya ktimbang buking rs?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2,5 juta Nit. Kalau Bidan ya murah tapi kalau di RS pake BPJS malah gratis Nit.

      Delete
  2. nah bersambung, udh siapin cemilan bwt baca padahal :D

    ReplyDelete
  3. Hahahaha penasaran aku. Suka kalo baca pengalaman melahirkan org lain, walopun aku emoh banget utk hamil lagi :D.

    ReplyDelete
  4. Eh eh, itu bener tgl 29 September Kak Riska? Bukan 29 Agustus? *komen sambil mikir* Ditunggu kelanjutannya yah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya september.. tuh kan bener, dah lupa tanggal lahir anak sendiri, heuheu

      Delete
    2. Eh agustuusss,, ya ampun salah tulis lagi, ckckck

      Delete
  5. yg jelas alhamdulillah sehat ibu dan bayinya Mer... wah kapan ya ketemu pas event lagi hehe pengen towel si Nayla

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | TEMPLATE BY RUMAH ES