Saturday, August 19, 2017

Lahiran Dimana?



"Dulu kakaknya lahiran di mana?"

"Di Malang, dok"


"Trus sekarang ini rencana lahiran di Sidoarjo apa Malang?"

"Hehe, gak tau dok, liat situasi dan kondisi"

"Sekarang kandungannya udah 8 bulan lebih. Kalau emang mau lahiran di Malang, ya harus udah pindah ke sana mulai sekarang"

Tiap ditanya mau lahiran di mana, saya selalu gak bisa menjawab dengan pasti karena kan ya gak tau takdirnya gimana ntar ((TAKDIR)). Lahiran di Sidoarjo atau Malang sama aja sih bagi saya. Cuma yang gak sama adalah biaya lahirannya.

Kalau lahiran di Sidoarjo, saya maunya di klinik tempat biasanya periksa, KIA Pondok Jati. Udah pewe banget sama tempatnya dan saya browsing-browsing kok kayaknya KIA yang paling proper fasilitasnya di Sidoarjo ya di Pondok Jati ya? *cmiiw* Tapi biaya lahirannya minim kudu nyiapin duit 8 juta untuk kelas 3, gak ada BPJS.

Suami udah nyiapin dana buat lahiran sejak jauh hari sih sebenarnya. Pas banget kantornya tuh ngadain arisan sejak tahun lalu dan dananya sama dengan biaya lahiran. Jadi itungannya suami kayak nabung gitu. Cuma saya eman aja ngeluarin duit segitu kalau ada kartu BPJS yang bisa dimanfaatin. Tapi di Sidoarjo juarang banget ada KIA yang kerja sama dengan BPJS, adanya Rumah Sakit Umum gitu. Sedangkan saya orangnya penakut sama RS, gak tega liat orang sakit macem-macem, hehehe.

Nah, kalau di Malang mah pilihan kliniknya banyak, bagus-bagus pula. Tapi saya rencananya lahiran di bidan waktu lahiran Alif dulu sih. Udah sreg aja dan saya lihat sekarang fasilitasnya udah dibagusin. Biayanya juga terjangkau meskipun gak pakai BPJS, 2-3 juta aja. Dana lahirannya masih sisa banyak, bisa buat keperluan lain seperti jalan-jalan dan shopping, wkwkwk.

Cuman kalau di Malang, khawatirnya pas kontraksi udah gak nahan, ya gak mungkin sempet jalan ke Malang. Belum ntar kalau macet kan? Duuh gak bisa bayangin. Makanya saya gak bisa jawab mau lahiran dimana tiap ditanya.

Sebenarnya sih, paling sreg di Malang. Udah nyaman dan cocok sama bidannya Alif ini. Berkat beliau saya gak trauma lahiran sama sekali. Dan solusinya juga simpel banget sebenarnya, kalau emang mau lahiran di Malang ya saya tinggal pindah untuk sementara ke rumah mertua seperti yang dibilang bu dokter.

Pak suami juga pengen saya pindah ke Malang untuk sementara, karena sampai usia kandungan 8 bulan lebih ini dia masih harus sering dinas ke luar kota. Kalau di Malang banyak yang bisa dimintai bantuan kalau sewaktu-waktu saya udah harus lahiran sedang pak suami masih kerja. Tapi bagi saya gak sesimpel itu karenaaa..,

Kalau di rumah mertua itu suami jadi cuek banget nget nget. Sehari-hari aja udah cuek, ini kalau di Malang saya udah level kacang ditaruh toples yang gak ada tutupnya, dikacangin sampe melempem, haha.

Iya separah itu! Soalnya rumah bumer kan luas banget, saya di kamar, suami udah kemana-mana susah dicari biar pun masih di seputaran rumah. Terus dia kayak kesempatan me time gitu kalo di rumah bumer karena Alif juga asik main sendiri sama ponakan. Tapi me timenya keterlaluan, saya datengin, gak digubris blas. Kegiatan dia di rumah mertua kalau gak streaming bola - main game - tidur, lebih sering ketiduran di depan tv malah, jadi kayak gak ketemu blas seharian, wkwk. Yeah boys will be boys lah pokoknya.

Selain itu ada alasan lain yang bikin saya gak betah lama-lama di Malang, masalah klasik kayak intervensi pola asuh dan ya gak nyaman aja karena bukan rumah sendiri.

Tapi setelah melalui pemikiran panjaaaannggg, akhirnya saya putuskan juga untuk pindah ke Malang sementara hingga lahiran.

The sake of duit sih alasan utamanya, heuheu. BPJS saya kan terdaftar di Malang jadi bakal lebih mudah ngurusnya. Lahiran di bidannya Alif pun masih terjangkau. Dan kalau dana lahiran masih sisa, pak suami janji mau ngajak liburan, boleh shopping sepuasnya, beli stroller, sama renov rumah. Iya sengaja banget saya bold, biar besok kalau dia lupa sama janjinya tinggal disodorin tulisan ini, wkwk.

Saya pikir-pikir juga kok kayaknya gak mungkin bisa packing dadakan kalau mau lahiran di Malang, yang ada malah stres gak tau apa yang mau dibawa. Dan saya ragu rumah saya bisa ditinggal dalam keadaan rapi kalau serba ndadak, padahal kan habis lahiran di Malang gak mungkin juga langsung balik ke Sidoarjo.

Terakhir, kemarin Alif mau imunisasi MR di puskesmas Sidoarjo tapi ditolak karena katanya buat anak non sekolah imunisasinya mulai September dan hanya ada di Posyandu. Lah eyke gak pernah tau Posyandu di rumah ada di mana, udah lah ke Malang aja biar gak ribet juga ngurusnya.

Soooo, terhitung mulai hari sabtu ini saya udah boyongan ke Malang. Gila, barang yang saya bawa banyaaak bangett. Packing aja butuh waktu 2 hari karena saya kudu sering istirahat. Dan yang paling banyak barangnya itu adalah pak suami, soalnya dia kan masih kerja juga. Jadi deh bajunya banyak bener, terutama baju seragam kantor.

Ohya packing 2 hari itu juga sambil beresin rumah, nyapu, ngepel, ngosek kamar mandi, bersihin kulkas, nyetrika dll. Sepertinya boyongan ke Malang sebelum kontraksi memang pilihan yang tepat banget. Semoga aja sih lahirannya maju dari HPL biar saya gak lama-lama amat di Malang, wkwkwk.

3 comments:

  1. Setelah menimbang2, teteeep juga lahiran di Malang ya mbak. Semoga lancar semuanya ya sampai hari H tiba, sehat semua ibu dan baby aamiin ;)

    ReplyDelete
  2. semoga lahirannya lancar (dan hemat) ya mbak! Aaamiiin..

    ReplyDelete
  3. Kalau lahiran dirantau tapi gak ada saudara yang bantuin, emang rada rempong sih apalagi suami kerja juga, kecuali dpt cuti nungguin istri lahiran :D
    Ntar kan cuma sementara mbak di bumer, habis 40 hari balik rumah dewe aja biar gak kena intervensi pola asuh. semoga lancar sampai hari H ya, sehat ibu dan bayinya aamiin

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | TEMPLATE BY RUMAH ES