Wednesday, June 14, 2017

Tip Menjalani Puasa Sehat Bagi Ibu Hamil


Kandungan saya saat ini sudah menginjak trimester 3. Jauh-jauh hari sebelum puasa tiba, saya udah degdegan aja bisa kuat puasa gak ya?

Dulu waktu hamil Alif, kandungan saya berusia 3 bulan dan saya tetep kuat puasa sambil kerja, pas menyusui juga puasa kuat-kuat aja. Nah yang ini kondisinya agak berbeda karena kandungan saya udah berumur dan sejak awal hamil keluhannya banyak banget. Gak bisa dicolek dikit pasti langsung sakit, haha. Ditambah kudu ngurus Alif yang banyak maunya, waaa saya udah menduga bakal gak kuat puasanya.

Ya udah saya berusaha pasrah aja, coba puasa dulu kalau gak kuat baru stop. Toh ibu hamil dan menyusui kan punya keistimewaan boleh gak puasa dan bisa diganti di lain hari atau dengan membayar fidyah. Cuma saya tetep males kalau gak puasa, soalnya kata ibu mertua saya gantinya itu kudu puasa plus fidyah, bukan salah satunya. Jedeeerr, males banget kan puasa sendirian sebulan?

Dan ternyata sampai saat ini saya masih bisa menjalani puasa full, alhamdulillah. Tapi bukan berarti cerita puasa saya lancar jaya kayak tol Porong-Pandaan ya. Beberapa kali saya sempat drop karena kesalahan saya sendiri, beruntung sakitnya pas udah buka jadi puasa saya gak pake bolong.

Hari pertama puasa, saya kemaruk banget buka puasanya. Ambil nasi banyak, makan buah-buahan sampai kembung, dan minum es satu plastik gede sendiri, jadilah malamnya saya mules luar biasa sampai sahur gak bisa diisi makanan apa pun.

Kapan hari, saya sok-sokan beres-beres rumah pake ngepel jongkok bukannya pake alat pel. Begitu ashar, perut saya udah berguncang hebat minta diisi tapi karena nanggung, saya terusin aja puasanya sampai magrib. Dan terulang kembali kejadian perut mules dan perih serta badan lemes malamnya.

Terakhir kemarin nih, saya yang biasanya nyuci piring sebelum sahur, tapi pas sahur saya males banget mau nyuci padahal cucian udah seabrek. Dan karena kebiasaan menunda-nunda, baru nyuci piring menjelang buka dengan kondisi badan udah lemes. Padahal siangnya saya juga abis setrika baju. Nyuci piring belum selesai, tiba-tiba pinggang saya nyeri banget kayak kontraksi bukaan 8. Saya paksaan, tapi makin lama makin nyeri. Akhirnya nyerah dan saya tiduran sambil teriak-teriak kayak orang kontraksi beneran, haha.

Meskipun udah telat banget, saya mau share tentang tip agar bisa lancar puasa saat hamil tua seperti saya. Buat catatan saya juga biar gak keulang lagi kejadian yang sama. Bentar lagi THR mau cair nih, fisik harus kuat buat berburu baju lebaran, hahaha.

Jadi tips puasa bagi ibu hamil ala saya adalah.

  • Konsultasi dengan dokter kandungan, apakah kondisi kehamilan memungkinkan untuk melakukan puasa.
  • Makan-makanan yang bernutrisi
  • Jadwal makan tetap 3 kali sehari tapi diganti jadi saat buka puasa, sebelum tidur, dan setelah sahur
  • Makan dengan porsi normal, hamil bukan berarti harus kemaruk *ngomong ke diri sendiri*, lebih baik makan dalam porsi kecil tapi sering daripada makan sekali tapi langsung sak nggunung.
  • Jangan memaksakan diri. Kalau kelewatan makan sahur, ya udah gak usah nunggu sampai gak kuat baru batalin puasa. Kalau badan mulai menunjukkan tanda-tanda gak kuat lanjut puasa, ya udah langsung stop. Gak perlu nunggu badan drop dulu, baru berhenti.
  • Ibadah sekuatnya. Memang bulan puasa ini adalah saat yang baik itu memperbanyak ibadah tapi gak perlu terlalu divorsir buat ngejar target, harus khatam, harus tarawih full tiap hari dll. Kalau memang fisik gak kuat terus gimana? Daripada kenapa-kenapa, malah semua ibadahnya jadi berantakan kan? Utamakan istirahat yang cukup, gak perlu bikin target yang justru menyiksa diri sendiri dan kondisi kandungan.
Intinya sih, jalani puasa ini dengan santai. Gak kuat ya berhenti, kuat ya lanjut lagi. Tapi kok susah amat ya dipraktekin? Seringnya sok kuat terus, haha.








1 comment:

  1. Tol porong pandaan tu tol baru ya mer?
    Hmmmmb, sama weh, yang penting sekuatnya. Yang bisa nakar kekuatan itu ya badan kita sendiri ya jeung xixixi
    Thr ku kok blom ada kliatan batang idungnya ya, duh lemassss

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | TEMPLATE BY RUMAH ES