Sunday, June 11, 2017

Rekomendasi Tempat Belanja Online Sink/Wastafel Cuci Piring Murah


"dari dulu rumahmu ini kok mesti gak ada tempat cuci piringnya?" Begitulah komentar ibu mertua ketika pertama kali mengunjungi rumah kami saat ini.


Dulu di awal nikah, saya dan pak suami tinggal di rumah tante saya di sebuah perumahan di pinggiran kota Malang. Rumahnya ini masih basic banget bawaan dari pengembangnya. Cuma ada 2 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar mandi di luar. Salah satu kamar tidurnya dijadikan gudang sekaligus dapur dadakan oleh tante saya dan tentu saja namanya dapur ala-ala, ya gak ada wastafel cuci piring dan semacamnya. Kalau mau cuci piring mah ya di pancuran kamar mandi atau di kran halaman depan.

Dua tahun di rumah tante saya, kami pindah ke rumah mertua. Di rumah mertua cuma setengah tahun karena memang sejak awal kami sudah membeli rumah yang lebih dekat dengan kantor suami.

Rumah yang kami beli ini adalah rumah bekas yang sudah mengalami perombakan di sana sini sehingga fasilitasnya terbilang sudah lengkap, termasuk sudah ada tempat cuci piring khusus. Tapi tempat cuci piringnya itu tanpa wastafel alias cuma kran doank. Tetep aja ujung-ujungnya nyuci piring kudu jongkok, haha.

Setahun tinggal di sini, nyuci piring dengan jongkok-jongkok menyebalkan itu saya jalani. Kemudian saya hamil lagi dan merasa udah gak mungkin nyuci piring berjongkok ria begini terus. Apalagi kalau besok udah lahiran dan ngurus anak 2 sendiri, nambah-nambahin kerepotan aja kalau nyuci piringnya gak praktis.

Masalahnya, mau manggil tukang buat bikin wastafel cuci piring juga biayanya pasti mahal banget. Sumpe deh, tukang di sini ongkosnya bikin nyesek.

Lalu suatu hari, kami berjalan-jalan ke Lotte Mart dan menemukan banyak wastafel atau sink portable berbagai model dan harga dijual di sana. Harganya dulu mulai 750 ribu aja, mayan murah lah ya? Daripada kudu beli semen, keramik, segala rupa plus manggil tukang. Wastafel cuci piring portable ini enak, udah tinggal ngerakit trus bisa langsung dipakai.

Masuklah si wastafel cuci piring sebagai wishlist saya kalau ada uang lebih nantinya. Tapiii pas ada uang, saya malah lebih memilih buat dipakai liburan timbang beli wastafel jadilah itu wishlist gak terwujud hingga berbulan-bulan. Sampai akhirnya pas udah ada uang, pergilah kami ke Lotte Mart lagi dan menemukan stock wastafel cuci piringnya udah hampir habis dan harga paling murah adalah 799 ribu untuk model wastafel single yang gak ada meja di sampingnya, jadi ya cuma bak cuci piring doank. Model lainnya dibandrol 1 juta ke atas, itu pun lebih cocok buat resto karena ukurannya besar banget.

Galau banget saat itu, jadi beli wastafelnya apa gak. Kalau jadi dibeli pasti nyuci piringnya tetep ribet karena gak ada mejanya. Kalau gak jadi beli, takut uangnya kepake buat yang gak penting lagi.

Akhirnya saat itu kami memutuskan untuk cari-cari wastafel di tempat lain dulu. Kalau gak nemu, baru kembali ke Lotte Mart.

Sampai rumah, saya iseng browsing wastafel cuci piring online di OLX. Eh nemu donk satu penjual wastafel cuci piring atau sink portable ini. Bentuknya persis kayak yang Lotte Mart tapi ada meja di samping baknya. Harganya juga lebih murah, cuma Rp 560 ribu aja. Cumaaan lokasinya di Semarang, berat di ongkir donk ya?

Foto dari WA sellernya

Setelah berdiskusi dengan suami, kalau dihitung-hitung, semahal-mahalnya ongkirnya paling jatuhnya gak jauh beda dengan harga wastafel yang dijual di Lotte Mart.

Akhirnya pak suami pun chat langsung ke penjual dan ternyata ongkir wastafelnya cuma Rp 50 ribu. Murah banget. Tapi ini kan OLX, mana penjualnya belum terverifikasi. Nah loh, aman gak nih? Jumlah uang yang kita keluarkan juga gak sedikit kan? Kalau orangnya tipu-tipu bisa mewek saya.

Saya jadi makin ragu, karena melihat si penjual ini kayak buru-buru banget suruh kita cepet-cepet beli si wastafel ini. Mencurigakan banget kan?

Kayaknya kecurigaan kita dicium sama penjualnya, kemudian si penjual nawarin buat beli lewat akun Tokopedianya yang mana sistem pembayarannya pakai rekening bersama Tokopedia. Jelas lebih aman donk.

Tapii begitu check out belanjaan, ternyata ongkir di Tokopedia itu jadinya Rp 200 ribu lebih. Kata si penjual, itu karena Tokopedia udah kerjasama dengan ekspedisi tertentu, jadi gak bisa fleksibel milih ekspedisi yang ongkirnya murah.

Entah karena gemes apa gimana, ngeliat kita yang gak cepet-cepet deal, si penjual malah nurunin harga wastafelnya jadi Rp 560 ribu udah plus ongkir. Padahal kita gak nawar sama sekali lho, cuma bimbang di ongkos kirim Tokopedia sama ragu penjualnya trusted gak.

Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya jadi juga si wastafel cuci piring portable itu dibeli. Lumayan degdegan juga, takut barang gak nyampe.

Eh ternyata 2 hari kemudian wastafel cuci piring pesenan kita udah sampai di rumah. Pas liat lembar resinya, ternyata beneran ongkirnya cuma Rp 50 ribu aja. Berarti penjualnya emang nurunin harga wastafelnya.

Wastafelnya datang dalam keadaan belum dirakit dan dibungkus dengan kardus seukuran kardus kompor gas dua tungku. Ngerakitnya lumayan gampang kok, sekitar setengah jam aja. Wastafel ini ringan banget, saya yang lagi hamil aja bisa ngangkat sendiri. Dan karena portable jadi bisa dipindah ke sana kemari sesuai keinginan, yang penting ada kran sama tempat pembuangan air cuciannya.

Foto dari WA seller

Kalau mau mengakhiri nyuci piring jongkok kayak saya dan tertarik buat beli wastafel cuci piring portable ini, bisa cari di Tokopedia dengan akun Bellin Shop atau hubungi ke nomor whatsapp 085641398127.


5 comments:

  1. Sama we, ku juga bli rumah second, kondisinya jauh lebih bagus punyakmu kmana mana
    Huhu, tp teteup disyukuri sih, yang penting uda ga ngontrak lg

    Keren bgt ih bisa diturunin gitu harganya tanpa diminta

    ReplyDelete
  2. Aku jg tdnya mau beli yg kaya gitu, tapi ah bikin aja lah.
    Tapi emberrr sink itu harganya naujubillah

    ReplyDelete
  3. Ada yg double sinc gk ya? :D
    Btw akun tokpednya apa mbk? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bellin Shop mbak. Dia jual macem-macem sih, coba hubungi langsung mbak :D

      Delete

COPYRIGHT © 2017 | TEMPLATE BY RUMAH ES