Tuesday, June 6, 2017

Cara Membeli Tiket Kereta Api Online Lewat Situs KAI


Bulan puasa, menjelang lebaran gini artinya momen mudik para perantau pun makin dekat. Dan makin banyak pula yang mengirimi saya pesan tentang seluk beluk memesan tiket kereta api secara online.

Bukan karena saya pegawai KAI (Kereta Api Indonesia), melainkan karena postingan beberapa waktu yang lalu di blog satunya yang padahal adalah postingan ketika saya baru banget dapet job ngeblog tapi gak nyangka responnya begitu tinggi hingga saat ini.

Baca juga: Beli Tiket Kereta Api di Alfamart, Ribet Gak?

Kalau di postingan sebelumnya saya membahas soal tata cara pembelian tiket lewat minimarket, sekarang saya akan menjabarkan langkah-langkah pembelian tiket kereta api secara online lewat situs resmi KAI. Semoga penjelasan saya mudah dimengerti dan tak ada yang bertanya lagi karena hayati sudah lelah mengulang jawaban yang sama.

Jadi langkah-langkah pemesanan tiket kereta api online lewat situs resmi KAI yaitu.
  • Masuk ke halaman pemesanan tiket dari situs resmi KAI >> https://tiket.kereta-api.co.id
  • Masukkan tanggal keberangkatan, stasiun asal, stasiun tujuan, dan jumlah penumpang pada form yang sudah disediakan.

  • Setelah itu akan keluar pilihan kereta serta jam pemberangkatannya lengkap dengan harga tiket untuk per satu orang.
  • Jika pilihan kereta gak tersedia, bisa jadi tiket sudah habis atau tak ada kereta yang melewati rute yang diinginkan.
  • Pilih jam pemberangkatan serta kelas kereta yang diinginkan.
  • Akan muncul form persetujuan untuk melanjutkan ke langkah berikutnya, centang kolom kecil di samping kalimat pernyataan setuju, klik lanjutkan.
  • Kemudian akan muncul form untuk mengisi data diri penumpang. Form yang harus diisi berupa nama lengkap penumpang, nomer identitas penumpang di atas 17 tahun (KTP/SIM/Passpor), nama pemesan, email dan nomer yang bisa dihubungi. Pastikan emailnya aktif saat itu, karena info pemesanan akan dikirim lewat email segera.
  • Akan muncul data penumpang beserta info nomer tempat duduknya. Kita bisa memindah nomer tempat duduk jika keberatan dengan pilihan yang disediakan. Di bawah informasi tempat duduk ada total biaya yang harus dibayar, setelah itu pilih opsi pembayaran, bisa lewat ATM, kartu kredit, dll. Akhir-akhir ini saya sering membayar lewat mobile banking, jadi yang saya pilih adalah opsi pembayaran dengan ATM.
  • Terakhir adalah form konfirmasi data dan info pembayaran *duh saya lupa pastinya gimana, pokoknya ini form terakhir cuma konfirmasi doank*. Total waktu yang diberikan untuk mengisi form sampai selesai adalah 10 menit saja, jadi sebelum memesan pastikan sudah menyiapkan data identitas penumpang ya biar gak kelabakan.
  • Setelah selesai mengisi form, akan ada email yang berisi petunjuk pembayaran tiket kereta. Kalau gak salah waktu maksimal yang diberikan untuk membayar tiket adalah satu jam setelah selesai mengisi form.
  • Setelah melunasi pembayaran, nanti bakal dapat kiriman file pdf berupa data tiket kereta dan kode booking. Nah kode booking ini yang nantinya dipakai untuk check in di mesin check in di stasiun. Mesin check innya berwarna orange, biasanya berada di dekat pintu menuju ruang tunggu yang di dalam stasiun. Check in sendiri minimal 12 jam sebelum keberangkatan, kalau kesulitan bisa minta bantuan petugas. Kalau bayar tagihannya lewat minimarket yang didapat adalah struk pembayaran yang berisi kode booking. Pokoknya yang penting mah kode bookingnya, struknya gak dibawa gak masalah.
  • Setelah mengisi kode booking di mesin check in, nanti akan tercetak tiket boarding pass sesuai jumlah penumpang. Tiketnya warna orange, ditunjukkan saat masuk ruang tunggu beserta kartu identitas.
  • Udah selesai, selamat naik kereta api! :D

Catatan:
- Pemesanan tiket kereta api online hanya untuk tiket eksekutif, bisnis, dan ekonomi ekspress. Jadi kalau mau beli tiket ekonomi antar kota kayak penataran, tumapel, doho dan sejenisnya gak bisa online, harus beli langsung di stasiun.
- salah satu kelebihan pesan tiket lewat situs KAI adalah dapat potongan harga. Makin banyak tiket yang dipesan maka potongan harganya makin besar juga.


4 comments:

  1. wuih, asik ya, gak rumit dan gak ribet. Pesan online itu solusi banget, gak usah cape-cape ngantri lagi..

    ReplyDelete
  2. Ini memang solusi banget, gak harus keluar rumah ya, Teh..hehe
    Terakhir aku naek kreta juga beli online tiketnya..

    ReplyDelete
  3. Berarti mesen tiketnya mesti borongan nii ea biar potongannya tambah asoy (Y) hehehe..

    Belajar Photoshop

    ReplyDelete
  4. Favorit pokoknya kai..bayarnya juga mudah 😀. Jd g harus ke stasiun

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | TEMPLATE BY RUMAH ES