Monday, June 12, 2017

Overnight Oat, Alternatif Menu Sahur Praktis Tanpa Masak


Yeay, sudah memasuki pertengahan bulan ramadhan itu artinya bau-bau THR semakin kuat *plak*, eh maksudnya hari kemenangan makin dekat.


Sampai dengan beberapa belas hari puasa ini, ada yang udah pernah grabak grubuk karena telat bangun sahur belum buibu?

Pasti banyak yang ngacung deh, termasuk saya, haha. Saya sih gak pernah telat bangun sahur tapi pernah telat masak nasi karena keasikan maen hape, lol. Jadi sampai 10 menit menjelang imsak itu nasi baru matang. Selama menunggu nasi matang itu saya berpikir keras, ngganjel makanan pakai apa ya biar ntar makannya bisa sedikit aja dan gak keburu-buru. Tapi saya ngeblank, di rumah gak ada makanan lain.

Lalu pada suatu hari, saya nontonin chanel masak di youtube dan ada resep tentang overnight oat. Langsung kepikiran kenapa gak buat overnight oat aja buat alternatif menu sahur di saat darurat kayak baru bangun menjelang imsak?

Resep overnight oat ini gampang dan fleksibel banget alias bisa dimodifikasi sesuka hati dengan memanfaatkan bahan makanan di sekitar.

Bahan yang harus ada intinya sih, oat, air untuk merendam (air putih, yogurt, susu, nabeez alias air kurma), dan aneka toping sesuai selera. Topingnya bisa buah-buahan, kismis, kurma, biji-bijian semacam chia seed gitu, suka-suka situ deh. Coba-coba aja mana yang sesuai dengan lidah. Setelah semua tercampur, simpan dalam wadah tertutup, dan masukkan di lemari pendingin. Bikinnya bisa saat sebelum tidur, kemudian dimakan saat sahur.

Kalau kapan hari saya bikin overnight oat dari oat, susu, yogurt, dan kurma aja karena cuma ada itu bahannya, heuheu. Dan rasanya udah enak banget kok.


Overnight oat ini cocok banget untuk keadaan darurat yang udah gak ada waktu lagi buat nyiapin bahan-bahan, buat diet, atau yang suka eneg sama oat biasa karena setelah disimpan di kulkas, overnight oat ini rasanya jadi lebih segar.

Tapi overnight oat gak boleh disimpan terlalu lama ya, karena susu dan buah kalau udah terkontaminasi udara luar, kandungan gizinya bisa berubah.


No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 | TEMPLATE BY RUMAH ES