Wednesday, May 3, 2017

Ternyata Morning Sickness Tak Kenal Pengalaman


Dulu saya pikir kalau hamil ke dua, ke tiga dan seterusnya bakal lebih mudah dijalani ketimbang kehamilan pertama. Secara kan udah pengalaman ya? Setidaknya sudah tau bagaimana cara mengatasi mual alias morning sickness yang biasa datang di awal kehamilan.


Saya tau sih, kalau tiap kehamilan pasti berbeda keluhannya. Tapi dipikirannya saya, perbedaannya cuma sebatas ada kehamilan yang harus melewati fase mual dan ada kehamilan yang tanpa keluhan sama sekali.

Rupanya saya salah!

Ternyata meskipun sama-sama harus mengalami yang namanya morning sickness, keluhan dan penanganannya bisa beda. Seperti yang saya alami di kehamilan ke dua kali ini, semua cara yang dulunya manjur menghalau mual ketika kehamilan pertama sama sekali gak bisa diterapkan di kehamilan ke dua ini. Rasa mualnya pun beda dengan kehamilan yang pertama. Ternyata morning sickness tak kenal yang namanya pengalaman.

Trimester awal kehamilan ke dua ini saya benar-benar dibuat kewalahan dengan segala keluhan kehamilan. Sempat depresi juga, kok gini amat sih morning sicknessnya. Sampai takut ada masalah dengan kandungan saya karena ya itu, meskipun saat hamil Alif dulu saya juga teler berat tapi rasanya beda banget sama kehamilan sekarang.

Contohnya, waktu jaman Alif buat makan enak-enak aja, malah kudu makan terus gak boleh berhenti supaya gak mual. Jadi saya sedia selalu biskuit gandum buat cemal cemil. Hamil sekarang makan juga enak aja sih, tapi after effectnya itu lho, makan gurih di tenggorokan kerasa kecut banget, makan buah rasanya perut kembung, makan pedes apalagi, perut langsung panas. Dan ujung-ujungnya apa pun yang dimakan sering banget berakhir di closet alias dimuntahin lagi.

Dulu sepanjang hamil Alif, saya cuma muntah 3 kali aja. Sedangkan kehamilan sekarang, trimester pertama aja udah muntah 8 kali, ditambah di trimester ke dua, muntahnya 2 kali. Jadi total baru trimester ke dua, saya udah muntah 10 kali. Udah berasa lagi ngidap bulimia deh, makan-muntah-makan-muntah terus.

Kalau saat hamil Alif saya gak boleh berhenti makan, harus ngunyah terus. Hamil kali ini pun saya sebenarnya gak boleh telat makan, kalau gak perut saya bisa panas dan perih. Tapi bedanya, saat hamil Alif cukup diganjel pake biskuit aja hilang deh keluhannya, hamil sekarang biskuit udah gak mempan. Kudu makan nasi dan lauk yang ngenyangin. Pernah dulu saya makan pakai nasi dan abon doank, perut saya rasanya panas gak ilang-ilang donk.

Begitu pun soal minuman, sama serba salahnya. Buat minum yang anget-anget rasanya eneg dan mual, tapi diminumin yang dingin-dingin rasanya kembung dan ujung-ujungnya mual juga. Minum air biasa rasanya gak seger, eneg juga akhirnya, haha.

Selain itu, dulu yang waktu hamil Alif, saya jadi maniak kopi, hamil kali ini saya justru anti sama yang namanya kafein. Minum kopi bahkan teh aja bisa bikin perut panas, perih dan badan lemes gak karuan. Pokoknya selama trimester pertama kemarin isinya cuma perut panas, perih, mual dan muntah. Kerjaan saya jadi cuma tiduran mulu (biasanya juga gitu sih, hihi)

Tapi di kehamilan sekarang, indera penciuman saya gak sesensitif saat hamil Alif. Jamannya Alif, bau sabun mandi aja saya pusing banget, terus bau masakan apalagi, super anti. Sampai 3 bulan kehamilan saya gak mau masak sama sekali. Pernah masak sekali dengan penuh perjuangan, ujung-ujungnya gak dimakan karena kebayang baunya, haha. Sedangkan di kehamilan sekarang, saya masih bisa nahan bau-bauan di sekitar. Yah, kadang mual juga tapi gak yang sampai anti banget kayak hamil Alif dulu. Saya pun masih bisa masak dan melakukan kegiatan rumah tangga lain meskipun progressnya lambat banget, soalnya saya jadi gampang capek.

Ngomongin bau-bauan, sebelum hamil kemarin saya baru aja beli softener pakaian karena musim hujan, baju banyak yang bau apek. Saya sengaja milih softener yang super nyegrak wanginya dan terkenal tahan lama meskipun baju udah dijemur dan disetrika. Baru ngabisin setengah botol softener, pak suami beli lagi refillnya 2 bungkus besar. Sampai kemudian saya hamil, dan bau softener itu adalah bau yang paling saya gak tahan. Tiap nyetrika, saya harus berjuang menahan mual karena bau si softener.

Kemudian saya meminta pak suami untuk mengganti softener lain atau gak usah pakai softener sama sekali tapi pak suami menolak, eman dia si softener masih banyak (kagak ngeman istrinya, hikz). Tapi makin lama, saya udah gak sanggup dengan bau si softener karena kalau baju kering numpuk, bau softenernya jadi serumah. Saya juga makin males nyetrika karena gak kuat sama baunya. Saya pun mohon-mohon ke pak suami sambil setengah ngomel buat beli softener lain yang baunya lebih soft.

Softener baru sudah dibeli, wanginya gak senyegrak yang lama dan gak terlalu ampuh buat menghalau bau apek. Tapi hari-hari saya lebih damai karena gak perlu lagi nyiumin baju bau softener nyegrak.

Lalu suatu hari, entah karena eman isinya masih banyak atau gak sreg sama wangi softener baru yang kurang nendang, pak suami kembali mencuci baju menggunakan softener yang lama. Namanya penciuman ibu hamil itu sensitif ya, saya langsung sadar kalau pak suami balik lagi memakai softener lama. Saya pun ngamuk dan langsung membuang softener lama ke tempat sampah depan supaya suami tau kalau saya gak main-main, haha. Setelah itu saya nangis sesenggukan karena sebel, pak suami gak ngerti banget gimana derita ibu hamil. Masa permintaan receh, cuma gak usah pakai softener yang saya gak suka aja gak bisa diturutin.

Kalau dipikir-pikir lagi, ya kok drama banget sampai nangis dan ngamuk-ngamuk segala cuma gara-gara softener, tapi ya namanya ibu hamil kan emosinya suka labil, jadi harap dimaklumi. Salah pak suami juga sih, gak mau dengerin istrinya, dia kan gak ngerasain deritanya hamil itu gimana.

Sekarang kehamilan saya sudah masuk pertengahan trimester ke dua, semua keluhan di trimester pertama udah hampir gak ada lagi. Saya sudah bisa makan enak, jarang mual, dan gak lemes lagi. Tapi kadang masih suka gak enak badan tanpa sebab dan jadi gak betah banget sama namanya panas. Sekarang juga jadi gampang beser alias buang air kecil terus, hih, sebel banget yang ini. Yang penting sehat terus dan lancar sampai lahiran deh, semenderita apa pun akan saya jalani (halah!)

2 comments:

  1. Semoga Ibu dan Debay nya selalu sehat ia, Amin ...
    Salam Kenal

    ReplyDelete
  2. Haaaa aku banget dikasi makan e kluar, mpe xape ngunyahnya plus bingung mo mskan apa yg enak di lidah

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | TEMPLATE BY RUMAH ES